Karier Fashion

Karier di industri fashion terdengar glamor dan menguntungkan. Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk masuk ke industri mode, tetapi mungkin berpikir bahwa Anda tidak dapat mengelolanya? Ada begitu banyak peran dan posisi berbeda yang dapat Anda mainkan di dunia mode. Seseorang Pakaian Muslim Modern tidak harus menjadi perancang busana tetapi tetap dapat memiliki karier yang sangat sukses di industri mode.

Mampu mencari nafkah dengan hal-hal yang Anda sukai selalu menyenangkan. Jika Anda adalah penggemar mode dan suka melihat pakaian, aksesori, atau sketsa yang indah di sekitar Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk memulai karier di dunia mode. Di bawah ini adalah beberapa peran kunci dalam dunia mode Jual Busana Syariah Murah tempat Anda dapat mengambil bagian – mulai dari desain, produksi, pemasaran, hingga banyak lagi.

Mendesain
Ini adalah salah satu pekerjaan paling terkenal di industri fashion. Desainer bertanggung jawab untuk membuat konsep ide mereka tentang tren dan mewujudkannya pada produk akhir mereka. Desainer dapat dipekerjakan oleh perusahaan yang memiliki sekelompok desainer, atau bekerja untuk merek dan lini produksi mereka sendiri, atau, bahkan sebagai pekerja lepas yang menyediakan desain untuk perusahaan yang berbeda.

Ada beberapa jenis perancang busana:

1. Perancang busana: Tentunya ini adalah perancang pakaian, mulai dari pakaian dalam, pakaian olahraga, pakaian santai hingga couture mode tinggi, untuk pria, wanita, dan anak-anak.
2. Perancang alas kaki: Mereka merancang alas kaki untuk pria, wanita dan anak-anak dari sudut pandang gaya, serta dari sudut pandang kesehatan kaki.
3. Desainer aksesori: Aksesori pasti memiliki luas – mulai dari tas, topi, kacamata hingga sarung tangan, syal, dan potongan perhiasan.

Produksi
Produksi melibatkan pengambilan sampel garmen dan asesoris hingga menghasilkan potongan akhir yang akan dikirimkan ke toko dan pelanggan. Pekerjaan besar-besaran ini melibatkan tim dari berbagai profesi:

1. Merchandiser: Merchandiser memainkan peran kunci dalam proses produksi sebuah produk fashion. Mereka bertanggung jawab untuk membeli bahan mentah untuk produksi, memilih kain, tekstil dan trim. Mereka harus membuat keputusan berdasarkan harga, kualitas dan tren terkini serta inovasi bahan baku.

2. Desainer Teknis: Desainer teknis adalah orang yang bertanggung jawab untuk melakukan pemasangan selama pengambilan sampel secara keseluruhan ke prosedur produksi. Mereka mungkin bukan orang yang mendesain garmen tetapi ahli dalam memberikan alternatif garmen untuk meningkatkan pemasangan garmen.

3. Pembuat Pola: Pola adalah dasar dari sebuah pakaian yang akan dijahit. Pembuat pola memproduksi dan memelihara pola untuk garmen yang telah dibuat sketsa oleh desainer. Pembuat pola adalah orang-orang kunci dalam merealisasikan sebuah garmen.

4. Pattern Grading: Ukuran pakaian dimulai dengan gradasi pola. Pembuat pola adalah ahli dalam membuat spesifikasi ukuran untuk berbagai ukuran. Mereka adalah orang-orang penting dalam merek fesyen apa pun, karena ukuran yang konsisten di seluruh produk dapat menjaga loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

5. Model Pemasangan: Pada akhirnya, garmen dan alas kaki dibuat untuk menyatukan kenyamanan dan gaya. Fitting merupakan bagian penting dalam industri fashion dan yang paling tepat adalah menggunakan model sebagai body fitting.

Banyak perusahaan memiliki model khusus untuk menyesuaikan lini mereka, yang memiliki ukuran ukuran yang tepat yang dibutuhkan merek. Terkadang Anda akan melihat iklan yang mencari model pengambilan sampel, dari anak-anak, pria, wanita hingga model ukuran plus.

6. Spesialis Kontrol Kualitas: Kontrol kualitas adalah yang paling penting untuk semua jenis produk, dan tidak terkecuali dalam industri fashion. Spesialis kontrol kualitas melihat kualitas bahan mentah, seperti pengelupasan, penyusutan dan pemudaran warna tekstil dan kualitas keseluruhan dari item fashion, misalnya, perakitan item aksesori secara keseluruhan.

7. Perencana: Perencana mode berkoordinasi erat dengan desainer, merchandiser, dan pembeli untuk memutuskan rencana produksi untuk musim yang akan datang. Mereka melihat sisi produksi dan pemasaran sambil memperhatikan tren fesyen terkini.

Pemasaran
Pemasaran sama pentingnya dengan membuat barang fashion yang sempurna. Baik itu pemasaran di sisi grosir atau eceran, orang-orang dalam pemasaran mode memikul misi untuk mempromosikan barang mode ke dunia yang berubah cepat ini.

1. Fashion Buyer / Retail Merchandiser: Product merchandiser adalah orang yang membeli produk siap pakai untuk dijual di toko seperti department store. Para pedagang ini melakukan penelitian dan menganalisis tren pasar, keinginan pelanggan relatif, dan saham. Mereka memikul tanggung jawab besar dalam hal menghasilkan laba, karena memiliki ketelitian untuk membeli produk yang tepat untuk penjualan dapat membuat perbedaan dalam pendapatan.

2. Spesialis Penjualan Showroom: Beberapa merek memiliki showroom mereka sendiri, memamerkan koleksinya untuk pembeli fashion (grosir) untuk membuat pesanan mereka. Dibandingkan dengan penjualan eceran, spesialis penjualan showroom harus mengetahui pelanggan kembali musiman mereka lebih baik dan dapat memberikan informasi rinci tentang koleksi penjualan.

3. Manajer Toko Ritel / Pemilik Butik: Manajer toko ritel, penjualan, dan pemilik butik adalah personel lini pertama yang menghadapi pelanggan ritel seperti Anda dan saya.

Profesi Terkait Fashion Lainnya
Selain di bidang mendesain, memproduksi atau memasarkan item fashion, seseorang mungkin tertarik dengan posisi lain seperti sebagai penulis majalah fashion, blog online dan manajemen acara fashion dll. Di bawah ini adalah daftar yang menyoroti kemungkinan lainnya. pekerjaan yang berhubungan dengan industri fashion:

1. Penulis Mode: Penulis atau penulis lepas dapat menulis untuk majalah, blog atau situs online tentang ulasan, tren, dan rekomendasi. Penulis mode juga dapat berkembang menjadi editor majalah mode.

2. Personal Stylist: Beberapa department store menyediakan layanan styling pribadi sementara beberapa pelanggan pribadi akan mempekerjakan stylist pribadi yang memberi mereka rekomendasi dalam gaya pribadi.

3. Manajemen acara mode / Hubungan Masyarakat: Ada acara mode tanpa nama yang membutuhkan hubungan masyarakat profesional dan personel manajemen acara untuk mengurusnya. Ada perusahaan PR yang mengkhususkan diri dalam mengadakan acara terkait mode.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *