Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang Blok Saraf Oksipital Untuk Manajemen Nyeri

Apa itu blok saraf oksipital?

Blok oksipital adalah suntikan rawat jalan yang dilakukan di kedua sisi kepala di sekitar area saraf oksipital untuk menghilangkan rasa sakit. Ini adalah saraf perifer yang memberikan sensasi ke dasar kepala bergerak ke atas kepala secara bilateral.

Untuk apa mereka bekerja dengan baik?

Blok saraf oksipital telah dipelajari dalam banyak studi penelitian, dan sebenarnya membutuhkan lebih banyak penelitian dalam beberapa kondisi untuk menentukan kemanjuran atau tidak. Salah satu alasannya adalah banyak dari penelitian ini tidak menggunakan kontrol, nyeri punggung dan perawatan tanpa operasi  tetapi hanya melakukan banyak dan melihat kembali hasil secara retrospektif.

Telah terbukti bekerja dengan baik untuk sakit kepala cluster, sakit kepala cervicogenic, dan neuralgia oksipital. Selain itu, ini telah menunjukkan hasil yang baik untuk pasien yang menggunakan obat narkotik secara berlebihan dan mengalami sakit kepala dan mungkin mereka yang berada dalam fase penarikan untuk mengurangi sakit kepala.

Ada juga beberapa penelitian yang meneliti migrain dengan hasil yang menggembirakan. Studi ini secara keseluruhan menunjukkan sekitar 50% hasil baik hingga sangat baik dari ONB selama 1 hingga 6 bulan.

Bagaimana performanya?

Dokter mensterilkan tempat suntikan dan menyuntikkan di dalam dan sekitar area yang paling lembut saat palpasi. Biasanya suntikan mengandung obat mati rasa bersama dengan steroid, seperti Kenalog atau Depo-Medrol.

Apa yang disuntikkan?

Kebanyakan dokter yang melakukan blok saraf oksipital akan menyuntikkan obat steroid bersama dengan obat mati rasa. Studi yang dilakukan belum menggambarkan apakah penambahan steroid mutlak diperlukan atau tidak untuk membuat hasil bertahan lebih lama. Telah didalilkan bahwa hanya obat mati rasa dapat memutus “siklus nyeri” dalam berbagai bentuk sakit kepala. Karena jawabannya tidak jelas dan risiko penambahan steroid rendah, biasanya steroid dimasukkan.

Haruskah beberapa blok saraf oksipital dilakukan?

Seperti kebanyakan suntikan manajemen nyeri, blok saraf oksipital biasanya tidak menghasilkan hasil yang efektif selamanya. Oleh karena itu, mereka kemungkinan besar perlu diulang setelah hilang.

Pertimbangan tambahan adalah bahwa jika blok saraf awal bekerja sedikit, hal itu dapat diulangi lebih cepat daripada lebih lambat (poin 2 minggu versus 3 bulan atau lebih) untuk meningkatkan hasil dan memberikan pereda nyeri yang lebih efektif.

Apakah pasien perlu memiliki nyeri tekan di sekitar daerah saraf oksipital untuk meredakan blok saraf ini?

Neuralgia oksipital menurut definisi melibatkan nyeri di sekitar saraf oksipital. Sakit kepala cluster, ketegangan, terapi pengobatan hnp dan migrain mungkin tidak memiliki nyeri tekan di area ini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah dari pasien migrain ternyata mengalami nyeri tekan di area saraf.

Jawaban atas pertanyaan itu adalah tidak jelas apakah kelembutan perlu ada agar suntikan bekerja. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pada pasien dengan nyeri di sekitar saraf oksipital, blok oksipital memiliki peluang lebih tinggi untuk berhasil daripada sebaliknya.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa jika nyeri tekan tidak ada di sekitar saraf oksipital maka injeksi tidak akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *